30 September 2018

Cara Meredam Emosi Pada Remaja

     Pada usia remaja, banyak perkembangan yang terjadi mulai dari perkembangan tubuh/fisik dan juga cara berfikir (psikis). Khusus untuk perkembangan psikis pada remaja, terkadang sulit untuk meredam emosi yang bisa muncul kapan saja. Hal ini wajar, karena pengaruh dari perkembangan emosi mulai dari anak-anak menuju fase dewasa (remaja).


     Tapi emosi yang diluapkan oleh para remaja lama-kelamaan akan membuatnya stress dan berdampak buruk pula bagi lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara para remaja supaya dapat mengatasi emosinya dengan baik dan bijaksana.

1. Perhatikan hal yang terjadi

     Banyak hal yang ditemui oleh para remaja setiap harinya, termasuk cara berbicara orang lain. Nah, kalian harus bisa membedakan mana hal yang 'bercanda' dan mana yang 'serius'. Setiap perkataan bisa saja memicu munculnya suatu masalah. Jangan setiap perkataan orang lain kalian anggap serius ya, karena apabila kalian sudah sangat merasa tersinggung pasti akan membuat kalian terpancing untuk marah.


2. Perhatikan siapa orang yang sedang kalian ajak bicara


     Dalam keadaan emosi pasti cara berbicaramu akan berbeda dengan orang lain. Kebiasaan ini harus diperhatikan ya guys, karena cara ngomong kalian akan terdengar lebih 'pedas' *eh. Ketika kalian sedang dalam keadaan kalut ataupun emosi, lihat siapa orang yang kalian ajak bicara. Terkhususkan untuk orangtua, guru, dan orang yang lebih tua dari kalian. Jangan sampai mereka merasa tersinggung akibat perkataan kalian yg terbawa emosi. Tenangkan dulu diri kalian, tersenyumlah, dan baru cobalah untuk berbicara halus dengan mereka.

3. Mencari kesenangan sendiri


     Pernahkan kalian dihadapkan di saat situasi yang sangat sulit untuk dipecahkan? *hehe udah kayak teka-teki aja. Misalnya, ada banyak masalah yang harus kalian selesaikan namun kalian menjadi pusing hingga terbawa emosi akhirnya. Nah, jangan mudah patah semangat, guys. Kalian boleh loh mencari kesenangan dulu sejenak seperti pergi ke mall, bermain musik, bernyanyi, makan, bahkan hobi lain yang membuat kalian senang. Melalui kesenangan ini kalian juga bisa meluapkan amarah kalian tanpa merugikan orang lain. Pikiran kalian akan lebih rileks dan fresh setelahnya. Namun, perhatikan pula waktu kalian ya, jangan sampai habis hanya untuk hal yang tidak produktif.

4. Introspeksi diri

     Sebaiknya, luangkan waktu kalian sejenak untung melakukan instrospeksi dari apa yang telah kalian lakukan selama 1 hari ini. Mungkin saja, kalian lupa kalau sudah marah atau meluapkan emosi pada orang yang salah. Jika begitu, segeralah minta maaf sebelum terjadi kesalahpahaman.

5. Berdoa

     Dengan berdoa, kita akan mendapatkan ketenangan batin dan meminta pertolongan kepada-Nya untuk membantu kita dalam menyelesaikan masalah dan emosi kita.

     Nah itu tadi cara-cara untuk meredam dan menenangkan emosi kalian. Masa remaja sebaiknya diisi dengan hal yang berguna dan kita pun juga harus bijaksana dalam mengatur emosi kita.
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!



Salam, Lavender Girl.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar